8 Bagian Utama IDE di Delphi

Integrated Development Environment ( IDE ) pada program Delphi terbagi menjadi 8 bagian utama, yaitu:

1. Main Window : Bagian dari IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan semua fungsi utama dari program aplikasi windows lainnya. Jendela utama Delphi terbagi menjadi 3 bagian, yaitu main menu, toolbar dan component palette.

2. Toolbar : Program Delphi memiliki beberapa toolbar yang masing-masing memiliki perbedaan fungsi dan setiap perintah menu yang sering digunakan. toolbar sering disebut juga speedbar. Toolbar terletak pada bagian bawah baris menu. Pada kondisi default, Delphi memiliki 6 bagian toolbar antara lain standard, view, debug, desktop, custom dan component palette.

3. Component Palette : Berisi sekumpulan icon yang melambangkan component-component yang terdapat pada VCL (Visual Component Library). Pada component palette kita akan menemukan beberapa page control, seperti standard, addition, win32, system, data access, dll.

4. Form Designer : Suatu object yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang aplikasi. Form merupakan media kerja yang dapat diisi dengan component-component yang diambil dari component palette. Pada saat kita memulai Delphi, Delphi akan memberikan sebuah form kosong yang disebut Form1.

5. Code Editor : Tempat dimana kita dapat menuliskan kode program, pada bagian ini kita dapat menuliskan pernyataan dalam object pascal. Keuntungan pemakaian Delphi adalah bahwa kita tidak perlu menuliskan kode-kode sumber karena Delphi menyediakan perangkat penulisan program.

6. Object Inspector : Digunakan untuk mengubah properti atau karakteristik dari sebuah component. Object inspector terdiri dari 2 tab, yaitu properties dan event.

7. Code Explorer : Area dimana kita dapat menuliskan kode program, secara default posisinya ada dibelakang form designer. Pada code explorer, terdapat kode-kode dalam bahasa pemrograman Delphi yang secara otomatis di generate oleh Delphi. Ini dimaksudkan untuk memudahkan dan mempercepat programmer dalam menulis kode program.

8. Object Treeview : Fasilitas ini berguna untuk menampilkan daftar komponen yang digunakan dalam pengembangan aplikasi sesuai dengan penempatannya.